Blogroll

Blogger news

Diberdayakan oleh Blogger.

tawakkal "bukan" pasrah

Diposting oleh Unknown di 23.37



Banyak orang yang menyangka bahwa tawakal itu adalah pasrah secara keseluruhan,tanpa adanya sebuah usaha maka ini adalah anggapan yang keliru. Akan tetapi seorang mukmin jika beribadah kepada Allah mereka bertawakal, tetapi tidak seperti yang dipahami oleh orang-orang yang bodoh yakni tawakal adalah sekedar ucapan di bibir tanpa dipahami akal secara sempurna, dengan mengabaikan sebab-akibat, tidak mau kerja,menunuggu uluran tangan berangan akan ada hujan emas pada esok hari merasa puas dengan kehinaan dibawah bendera tawakal kepada Allah ta’ala, dan ridlho dengan takdir yang terjadi padanya. Bahkan seorang mukmin memahami bahwa tawakal itu merupakan bagian dari imannya dan aqidah ialah ta’at kepada Allah dengan menghadirkan semua sebab yang diperlukan dalam semua perbuatan yang hendak ia kerjakan. Ia tidak berambisi kepada buah tanpa memberikan sebab sebabnya. Perhatikan dalil-dalil berikut
Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.(Qs.Thalaq:3)
Dalam ayat ini Allah berjanji akan memberikan kecukupan kepada orang-orang yang bertawakal termasuk rizki. Apakah artinya seseorang tidak berupaya dan tidak kerja lantas tiba-tiba memperoleh rizki dari langit ? Apakah ada orang yang berkeinginan memiliki anak tetapi tidak pernah mengumpuli istrinya diberi anak ? Tentu tidak demikian.
Orang yang ingin terpenuhi kebutuhannya harus bekerja, sama halnya orang yang ingin punya anak harus beristri dan mengumpuli istrinya. Jadi Allah memberi rizki kepada seseorang dengan upaya usaha yang telah diupayakannya.
Rosulullah Shallalllahu 'alaihi wa sallam  juga bersabda yang artinya :
Dari umar bin khathab, rasulullah bersabda, “Andaikan kalian tawakal kepada Allah dengan sebenarnya niscaya Allah akan memberi rizki kepada kalian seperti memberi rizki kepada burung. Mereka pergi pagi dengan perut kosong dan pulang sore dengan perut kenyang”. (Shahih, Tirmidzi 2344 dan berkata,hadist hasan shahih, Ibnu Majah 4164, Ahmad, dishahihkan al Akbani)
Tawakal burung adalah dengan pergi mencari makan pada pagi harinya dan kembali pada sore harinya, maka Allah menjamin rezekinya dengan memberikan makanan kepada mereka. Burung-burung itu tidak tidur dan duduk manis saja disarang sambil menunggu makanan untuk dirinya dan anak-anaknya. Begitu pula seharusnya manusia, apalagi dia diberi kelebihan yang sangat banyak disbanding seekor burung.
Kita telah mengetahui bahwa Nabi shallallahu'alaihi wa sallam adalah orang yang paling bertawakal, contohnya ketika beliau menanti keputusan Allah  untuk hijrah ke madinah sebelum sahabat-sahabat besar hijrah kesana, dan betul perintah tersebut datang kepada beliau. Langkah-langkah yang disusun Rosullullah Shallahu 'alaihi wa sallam untuk kesuksesan hijrahnya adalah :
1)      memanggil sahabat pilihan yang tidak lain adalah Abu Bakar Ash-Shidiq untuk menemani beliau dalam perjalanan ke negri hijrahnya.
2)      Menyiapkan bekal perjalanan, makanan, minuman. Asma’binti Abu Bakar mengikat perbekalan tersebut dengan ikat pinggangnya, hingga kemudian ia dijuluki “wanita yang mempunyai dua ikat pinggang”
3)      Menyiapkan hewan kendaraan yang siap dinaiki dalam perjalanan yang sulit, dan panjang.
4)      Menyertakan seorang penunjuk jalan yang mengetahui jalan – jalan yang sulit agar orang tersebut menjadi pemandu dalam perjalanan yang sulit

5)      Ketika beliau keluar dari rumahnya yang dikepung musuh – musuhnya agar beliau tidak bias keluar daripadanya, maka beliau menyuruh anak pamannya yaitu Ali bin Abi Thalib tidur diranjang untuk mengelabui musuh – musuhnya yang menunggu di luar rumah yang akan membunuhnya. Setelah itu beliau keluar dari rumah dengan tenang tanpa diketahui oleh musuhnya.
6)      Ketika orang – orang musyrikin mengejar beliau, dan sibuk mencari beliau bersama yang ikut bersama beliau, maka beliau masuk ke Gua Tsur dan berlindung diri darinya dari penglihatan mata orang – orang yang mencari dan dendam kepada beliau.
7)      Ketika Abu Bakar berkata : “Seandainya salah seorang diantara mereka melihat di bawah kakinya, mereka pasti bias melihat kita, Wahai Rasulullah !” maka Rasulullah bersabda : “Bagaimana dugaanmu terhadap dua orang, wahai Abu Bakar, bahwa pihak ketiga adalah Allah?”
Demikianlah pembahasansingkat tentang tawakal yang benar menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah yang benar menurut salafus shalih. Semoga bias menjadikan pemahaman kita benar tentangnya dan menjadikan kita termasuk orang – orang yang tawakal kepada Allah dengan sebenar – benar tawakal.
Wallahu ’Alam

0 komentar:

Leave a Reply

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))